Proposal PKM

KAOS “MOTIVASI JAWA”

  1. A.   Judul program

Dalam program kegiatan mahasiswa kali ini muncul ide untuk membuat kaos yang bertuliskan atau bergambar kan tentang motivasi motivasi jawa, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

  1. B.   Latar belakang masalah

Berawal dari sebuah pemikiran dimana sekarang ini banyak sekali usaha usaha mikro maupun makro dalam industri pakaian. Dan banyak pula desain desain yang unik dan kreatif yang dilakukan para anak muda. Sebenarnya usaha ini memang menjanjikan namun memang persainganlah yang akan berbicara. Banyak usaha usaha seperti ini yang gulung tikar karena mereka hanya mencoba mendesain ulang karya yang sudah ada namun tidak mencoba memunculkan ide yang benar – benar baru.

Berdasarkan permasalahan ini kami ingin mencoba sebuah karya yang  dianggap masih asing ditelinga para anak muda maupun konsumen jaman sekarang. Sebuah pemikiran yang menggabungkan antara budaya dan keinginan pasar. Disini kami adalah orang jawa asli yang ingin melestarikan budaya dengan cara yang berbeda yaitu dengan menuliskan motivasi – motivasi jawa yang sudah ada dan di visualisasikan kedalam sebuah bentuk kaos atau pakaian. Dengan begitu harapan kami adalah supaya para generasi muda itu mengerti akan budaya Indonesia yang beragam ini dan juga ikut melestarikan motivasi motivasi yang sudah turun temurun dari adat istiadat yang beragam ini terutama “jawa” karena kami adalah orang jawa yang ingin melestarikan budaya kami.

  1. C.   Perumusan masalah

untuk mempermudah dalam melakukan program ini maka dirumuskan maslah masalah yang akan dibahas yaitu :

  1. Bagaimana cara menghasilkan kualitas gambar atau cetakan tulisan ?
  2. Bagaimana cara agar tulisan – tulisan yang dicetak ke kaos atau pakaian itu menarik ?
  3. Bagaimana cara memasarkan kaos kaos tentang motivasi jawa ?
  1. D.   Tujuan program
    1. Meningkatkan keinginan mempelajari motivasi motivasi dalam kebudayaan Jawa.
    2. Memperkenalkan motivasi motivasi jawa kepada masyarakat jawa maupun diluar Jawa.
    3. Mengembangkan kreatifitas anak muda
  1. E.    luaran yang diharapkan

Dengan ditemukannya ide untuk memvisualisasikan motivasi motivasi jawa yang awalnya hanya terdapat didalam buku saja , maka luaran yang diharapkan dari program ini adalah suatu ide tau kreatifitas yang lebih dari para anak muda yang sebelumnya motivasi jawa itu hanay terdapat di buku dan hanya mendengar dari orang ke orang nantinya dapat di perlihatkan dimana  saja ,kapan saja dan menghasilkan nilai jual dipasaran.

  1. F.    kegunaan program

Mengembangkan kreatifitas anak muda dan para usahawan muda dan juga kami ingin memperkenalkan kembali budaya jawa yang sudah ada. Selain itu proses produksinya juga akan meneyerap tenaga kerja sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia yang semakin meningkat dari waktu ke waktu dan juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

  1. G.   Gambaran umum rencana usaha

Sebagaian anak muda jaman sekaran gemar sekali keluar masuk distro untuk mencari pakaian dengan desain desain yang unik dengan berbagai macam gambar . Namun gambaran umum dari usaha yang kita buat adalah disini melihat pasar yang relevan dengan kata – kata bahasa jawa yang cukup biasa kita lafadzkan dengan nada – nada yang sedikit agak kasar tetapi pesan moral yang kita bawa adalah gertakan untuk mengingaktan dan gambaran usaha yang ini adalah lebih menujurus ke desain – desain berbau jawa serta gambaran dari usaha ini lebih spesifikasi ke tempat yang sebenarnya dekat yaitu kampung halaman kita di jawa.

Adapun langkah langkah dalam pembuatan kaos motivasi jawa atau ajakan dalam kata – kata jawa yaitu :

  1. Awalnya mencari kata – kata motivasi jawa
  2. Lalu membuat desain tulisan yang sesuai dengan keinginan
  3. Setelah itu masuk tahap sablon pakaian dan ini membutuhkan waktu yang cukup lama bila dilakukan secara manual namun kita juga bisa dilakukan secara cetak mesin atau menggunakan mesin dalam menyablon
  4. Setelah itu tahap penjaitan agar bisa di pakai atau menjadi sebuah pakaian
  1. H.    Metode pelaksanaan program
    1. Identifikasi Masalah
    2. Menetukan Tujuan
    3. Analisis kebutahan
    4. Perancangan pemasaran
    5. Pengamatan pemasaran
    6. Evaluasi pemasaran
    7. Kesimpulan

1.  Identifikasi Masalah

Masalah dipasaran sana menurut kami kuarang adanya pengembangan desain – desain kaos dengan menggunakan adat istiadat atau mengembangan apa yang ada di dalam keanekaragaman budaya. Oleh karena itu muncullah sebuah ide untuk membuat sebuah kaos yang bertuliskan kata – kata jawa atau motivasi jawa. Kata – kata jawa diambil karena disini kami rata – rata berdomisili di jawa jadi ingin sekali mengembangkan apa yang sudah ada sejak dahulu atau melestarikan yang sudah ada dari dahulu.

2.  Menentukan tujuan

                 Dalam program ini tujuan utama yang ingin dicapai adalah mengajak masyarakat jawa terutama agar bisa lebih menghargai budaya budaya jawa dan dapat melestarikan nya. Dan untuk mengajak anak muda untuk lebih kreatif dalam membuat desain desain pakaian yang lebih variatif dan inovatif .

3. Analisis kebutuhan

Dalam kegiatan ini banyak sekali faktor yang berpengaruh baik itu mendukung maupun dapat menghambat dalam pelaksanaan kegiatan ini. Faktor-faktor yang dapat dikategorikan sebagai faktor penghambat antara lain tentang kurang menariknya tulisan – tulisan atau desain – desian yang dibuat karena disini masyarakatlah yang menentukan pilihannya dan seleranya masing – masing.

4. Perancangan pemasaran

Strategi program pemasaran yang akan dilakukan untuk memasarkan kaos “motivasi jawa” adalah dengan bagan sebagai berikut :

Pembuatan Isu di Masyarakat

Isu penting untuk dikembangkan karena akan membentuk opini-opini di masyarakat, hal ini sangat penting bagi bisnis sandangan, karena oleh-oleh sandang akan menyebar lebih cepat apabila telah dikenal dimasyarakat sebelumnya. WOM strategy adalah singkatan dari Word of Mouth strategy dimana menggunakan isu-isu yang memicu orang untuk membeli sehingga nantinya akan semakin banyak orang yang tertarik. Isu-isu yang akan diberikan berbeda-beda bergantung pada kondisi dan keadaan. Selain dari pembentukan isu Word of Mouth akan disebarkan juga pamphlet serta poster-poster yang akan menguatkan isu yang berkembang di masyarakat. Apabila isu yang disebarkan di masyarakat ini berhasil, maka strategi promosi lainnya akan berjalan dengan lancar.

Penjualan Melalui Internet

Internet telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, saat ini semakin banyak masyarakat yang “melek” internet, sehingga promosi melalui website akan sangat penting. Salah satu keuntungan promosi melalui website adalah biayanya yang murah dan dapat menjangkau ke seluruh dunia. Untuk itu penjualan melalui website dan forum-forum internet seperti www.kaskus.us akan sangat dimaksimalkan.

Liputan Media

Liputan media akan sangat baik bagi bisnis usaha kaos karena akan turut mempopulerkan usaha kaos kecil ini, semakin banyak warga yang tahu dan mengerti mengenai keunggulan dan perbedaan maka akan semakin banyak yang akan tertarik untuk membeli.

5. Pengamatan pemasaran

                 Setelah beberapa cara atau metode pemasaran dilakukan kemudian diperlukan aktivitas pengamatan terhadap metode tersebut dengan harapan dapat ditemukan metode yang lebih tepat dalam proses pemasarannya dan juga agar dapat diketahui peluang-peluang yang baru yang dapat di akses dalam hal proses pemasarannya dengan harapan pemasaran produk pakaian dengan desain motivasi jawa ini bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Evaluasi pemasaran

Evaluasi dapat dilakukan dengan tujuan untuk mencari kelebihan dan kelemahan terhadap metode pemasaran yang dilakukan apakah desain desain – desain kaos yang kami pasarkan itu menarik minat masyarakat atau tidak

7. Kesimpulan

Setelah beberapa tahapan metode yang dilakukan maka tinggal mengambil kesimpulan dari seluruh kegiatan yang dilakukan dalam pembuatan pakaina dengan desain motivasi jawa yang diangkat atai digunakan saat ini yaitu apakah produk ini yang dibuat mendapat respon positif dari masyrakat dan juga di pasaran khususnya. Kemudian apakah produksi masih bisa dilanjutkan atau tidak dengan melihat hasil evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya.

Ketujuh metode yang diatas akan dilaksanakan secara berurutan sesuai dengan gambar yang ada dibawah ini :

     Diagram alur kegiatan

Identifikasi Masalah

Menentukan Tujuan

Analisis kebutahan

Perancangan pemasaran

Pengamatan pemasaran

Evaluasi pemasaran

Kesimpulan

 

Biaya

Kaos oblong         10 buah @ Rp. 28.000       Rp. 280.000

ruber Sheet           5 kg        @ Rp. 21.000        Rp. 105.000

tinta                         4 kg        @ Rp. 65.000        Rp. 260.000

Triplek                     2 buah    @ Rp. 44.000       Rp  88.000

screen                      5 buah    @ Rp. 35.000      Rp. 175.000

rakel                         1 buah    @ Rp. 185.000    Rp.185.000

Lem aibon              1 buah    @ Rp. 25.000      Rp. 25.000

Isolasi                       1 pack    @ Rp. 25.000       Rp. 25.000

Plastik press           2 lembar @ Rp. 20.000     Rp 40.000

LC                               1 ons      @ Rp. 36.0000    Rp 36.000

Lem emkanol          1kg         @ Rp. 40.000      Rp.40.000

Lain lain                     @ Rp. 200.000                    Rp 400.000

Total Rp. 1.659.000

 

HALAMAN PENGESAHAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Judul Kegiatan       : KAOS  “MOTIVASI JAWA”

2. Bidang Kegiatan   :  ( ) PKMP (v) PKMK

    (Pilihlah satu)            ( ) PKMT ( ) PKMM

3. Bidang Ilmu           :  ( ) Kesehatan ( ) Pertanian

    (Pilihlah satu)            ( ) MIPA ( ) Teknologi dan Rekayasa

                                          (v) Sosial Ekonomi (  ) Humaiora

                                          ( ) Pendidikan

4. Ketua Pelakasana Kegiatan / Penulis Utama

    a. Nama Lengkap     : Chandra Bima Sunaryo Putra

    b. NIM                          : 10013079

    c. Jurusan                     : Psikologi

    d. Universitas / Institut / Politeknik : Universitas Ahmad Dahlan

    e. Alamat Rumah dan No.Telp. / HP: Jl. Teratai No 9 Baciro   Yogyakarta  /

        085729365287

5. Anggota Pelaksana Kegiatan : 2 orang

6. Dosen Pendamping  :

    a. Nama Lengkap dan Gelar : Faridah A R, S.Psi.,M.Psi

    b. NIY                                            : 60980178

    c. Alamat Rumah dan No.Telp. / HP : –

7. Biaya Kegiatan Total

    a. Dikti : Rp. 1.659.000

8. Jangka Waktu Pelaksanaan : 4 bulan

                                                                                Menyetujui,27 Juli 2013

Ketua Jurusan / Program Studi                    Ketua Pelaksana Kegiatan

    (Erny H, S.psi, MA , Psi)                               (Chandra Bima Sunaryo P)

          NIY. 520086602                                                   NIM. 10013079

                                                   Dosen Pendamping

                                          (Faridah A R, S.Psi.,M.Psi.,Psi)

                                                       NIY . 60980178

Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok

1) Ketua Pelaksana Kegiatan

a. Nama Lengkap    : Chandra Bima Sunaryo Putra

b. NIM                         : 10013079

c. Fakultas/Program Studi    : Psikologi

d. Perguruan Tinggi                 : Universitas Ahmad Dahlan

e. Waktu untuk kegiatan PKM : 10 jam/minggu

2) Anggota Pelaksana

a. Nama Lengkap                  : Kasful Anwar

b. NIM                                       : 10013128

c. Fakultas/Program Studi : Psikologi

d. Perguruan Tinggi              : Universitas Ahmad Dahlan

e. Waktu untuk kegiatan PKM : 10 jam/minggu

3) Anggota Pelaksana

a. Nama Lengkap     : Muhammad Humam Kurniawan

b. NIM                          : 10013103

c. Fakultas/Program Studi  : Psikologi

d. Perguruan Tinggi               : Universitas Ahmad Dahlan

e. Waktu untuk kegiatan PKM : 10 jam/minggu

Nama dan Biodata Dosen Pendamping

1) Nama Lengkap dan Gelar     : Faridah A R, S.Psi.,M.Psi.,Psi

2) Golongan Pangkat dan NIY  : 60980178

3) Jabatan Fungsional           : Dosen wali dan dosen program studi

4) Jabatan Struktural             : Dosen

5) Fakultas/Program Studi  : Psikologi

6) Perguruan Tinggi                : Universitas Ahmad Dahlan

7) Bidang Keahlian                  : –

8) Waktu untuk kegiatan PKM : 4 jam/minggu

HALAMAN PENGESAHAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

  1. Judul kegiatan     : KAOS “MOTIVASI JAWA”
  2. Bidang kegiatan : PKMK
  3. Bidang Ilmu          : Sosial Ekonomi
  4. Ketua Pelaksana Kegiatan

             a. Nama Lengkap          : Chandra Bima Sunaryo Putra

             b. NIM                               : 10013079

             c. Fakultas/Program Studi : Psikologi

             d. Perguruan Tinggi : Universitas Ahmad Dahlan

             e. alamat rumah       : Jl. Teratai No.9 Baciro yogyakarta

             f. No. Telp / HP          : 085729365287

         5.  Anggota pendamping : 2 orang

         6. a. Dosen pembimbing : Faridah A R, S.Psi.,M.Psi.,Psi

              b. NIY                                : 60980178

         7. Jangka waktu pelaksanaan : 4 Bulan

                                                                            Menyetujui, 27 Juli 2013

Kepala program studi                                          ketua pelaksana

(Erny H, S.psi., MA., Psi)                                    (Chandra Bima S P)

NIY. 520086602                                                        NIM. 10013079

                                             Dosen pembimbing

                                     (Faridah A R, S.Psi.,M.Psi.,Psi)

                                                NIY . 60980178

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s